Waktu Solat

Di suatu waktu, saya dan seorang teman (Toda: nama samaran) bertugas menjadi guru piket saat saya masih mengikuti PPL selama menempuh Program Profesi Guru. Saat itu waktu sudah menunjukkan hampir pukul 12.00 WITA yang artinya sudah mendekati waktu solat dhuhur. Beberapa saat kemudian terdengar adzan magrib.
“Loh kamu gak solat?” Toda bertanya pada saya
“Ya solat lah.” Saya jawab saja sekenanya.
“Itu loh, Bahmid sudah solat, kenapa kamu belum?” lagi-lagi Toda bertanya.
“Sebentar lagi, toh tugas piket sebentar lagi kan selesai. Jadi, solatnya bisa tenang.” Jawab Saya
Perbincangan pun terus berlanjut sampai saya harus menjelaskan waktu solat kepadanya. Beruntung saya ketika masih duduk di bangku SD sempat belajar tentang waktu solat dalam kitab Safinatun Najah. Kitab ini adalah kitab dasar tentang fikih. Waktu solat, dalam kitab itu, dijelaskan berdasarkan posisi matahari dan fajar. Saya menjelaskan padanya bahwa waktu solat itu hakikatnya tidak terkait dengan jam yang kita gunakan sekarang. Pembagian waktu seperti yang ada di kalender misalnya, untuk mempermudah kita mengetahui waktu solat. Penerapan ilmu falakiyah dapat mempermudah kita untuk mengetahui posisi matahari dan bulan dalam rentang waktu yang lama, misalnya setahun. Sehingga kita tidak perlu untuk melihat matahari atau keluar rumah untuk melihat terbitnya fajar dalam mengetahui waktu solat.
Muncul pertanyaan darinya lagi, “bisakah solat itu dikumpulkan saja satu waktu?” Jawaban pertanyaan tersebut dalam fikih jelas tidak boleh mengumpulkan waktu solat karena sejak syariat solat diperintahkan sudah mencakup lima waktu yang berbeda. Namun, saya menjawab sekenanya waktu dan sampai sekarang terngiang-ngiang. Saya berkata padanya, solat itu cara manusia untuk menghadap Tuhan. Kita kan penginnya menghadap Tuhan terus menerus. Pembagian waktu solat seperti itu merupakan metode agar kita terus menerus menghadap Tuhan.
Yang menjadi pertanyaan saya saat itu sampai sekarang, sudahkah saya seperti kita yang ada dalam jawaban itu?

Leave a Reply

