Anggapan

Orang bilang kita adalah sesuatu yang kita definisikan sendiri. Mau jadi apa, seperti apa, dan bagaimana, tergantung apa yang kita pikirkan. Cogito ergo sum, kata filsuf Perancis, yang artinya aku berpikir maka aku ada. Termasuk bagaimana adanya Anda dalam kehidupan orang lain.
Pendefinisian seperti ini sih agak sedikit merepotkan bagi saya. Apalagi apa yang dipahami orang lain tentang kita, tidak seperti pendefinisian kita terhadap diri sendiri. Saat kita mengaji dalam beberapa kitab berbahasa arab, definisi kata lainnya ta’rif yang kalau dibahasa jawakan adalah pelanggeran atau batasan. Hidup jadi terbatas. Lebih parah lagi kita jadi membatasi diri.
Suatu kali, salah seorang teman pernah menuduh saya lulusan fakultas psikologi atau jurusan kejiwaan. Heran. Gara-gara saya ngomong ngawur tentang bagaimana sifat atau watak-watak manusia yang hanya menurut apa yang saya persepsikan sendiri. Itu belum menjadi kecemasan saya saat pernah dikira seorang cenayang karena tiba-tiba bisa menebak kecenderungan seseorang.
Faktanya, saya lulusan sarjana pendidikan kimia. Atau begini saja, lulusan suatu jurusan yang menyiapkan sarjana menjadi guru yang mengajar kimia. Saya jadi terpikirkan menulis tentang terminologi pendidikan kimia. Lantas kenapa bisa-bisanya saya ngomong psikologi manusia. Lah, untuk apa saya belajar kimia kalau gak ada gunanya. Untuk apa belajar sesuatu yang nantinya hanya penerapannya hanya terbatas dalam laboratorium dan mesin-mesin.
Coba deh saya akan sedikit ngomong tentang kimia. Ilmu kimia itu mempelajari tentang materi dan interaksinya. Anggap saja kita, manusia, sebagai sesuatu yang punya bentuk alias materi (sebelumnya saya minta maaf karena pasti saya akan dimarahi para ahli tasawuf). Anggapan ini hanya sebatas kajian keilmuan saja. Manusia saling berinteraksi satu sama lain. Setiap interaksi dipengaruhi kecenderungan-kecenderungan. Kan bisa konsep-konsep kimia bisa dianalogikan via pola-pola interaksi manusia atau bahkan sebaliknya. Dan saya pernah googling tentang socialchemistry. Ternyata ada meskipun sebatas artikel blog.
Namun, sepertinya penerapan pola interaksi manusia dalam analoginya di kajian kimia hanya sebatas jika kita memandang manusia sebagai makhluk material dan berbentuk. Ketika saya menulis ini, saya jadi tersadar sesuatu hal yang menjadi kegagalan saya. Padahal, manusia lebih dari sekedar makhluk material. Ada interaksi yang nampaknya tidak bisa dijelaskan secara kimiawi.
Di pada suatu ketika yang lain, saya juga pernah dituduh sedang mendalami sosiologi dan pengamat masyarakat. Saat itu saya mengantarkan satu buku tentang kajian masyarakat kota-kota menengah yang dilakukan oleh suatu lembaga. Sebelumnya saya pernah tinggal di Kupang. Karena salah satu buku itu mengkaji tentang masyarakat Kupang, maka saya membeli buku tersebut.
Waktu itu saya cuma tertarik tentang kehidupan masyarakat Kupang. Saya belum pernah berada pada kultur kemasyarakatan seperti yang saya alami ketika berada di ibukota NTT tersebut. Karena menarik, dan sekaligus modal saya untuk beradaptasi saat di sana, saya harus banyak belajar. Analoginya dalam bidang kimia, masyarakat kan semacam campuran yang kompleks. Hehe.
Namun, anggapan orang akan sedikit banyak mempengaruhi hidup kita. Bisa jadi akan menjadi tuntutan bagi orang tidak atau belum sama seperti anggapan tersebut. Kadang juga menyenangkan jika kita dianggap orang baik atau predikat positif lainnya. Hal ini bisa menyebabkan kita tidak belajar lagi.
Sekarang semakin mudah predikat ahli, pakar, pengamat atau bahkan pintar dalam hal agama dengan mengutip satu dua ayat atau hadis.
Atau jangan-jangan Anda sudah menganggap saya penulis?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s